RSS

tugas kkpi 1 new

20 Agu

1. Komoditas Perusahaan di tempat PI : Teri, cumi, makaroni, minuman serbuk.

2.Penanganan Quality Control : Penanganan QC di perusahaan ini sangat diperhatikan, terutama dalam penanganan bahan baku yang biasanya diterima dari suplier. Tidak hanya bahan baku namun pengujian-pengujian yang yang dilakukan seperti, pengujian kadar gula, kadar garam, kadar protein dilakukan secara baik guna untuk memperoleh hasil olahan pangan yang bermutu. Pengujian semacam ini dilakukan di dalam laboratorium pengujian makanan ringan.Di sisi lain QC juga menangani proses produksi atau lebih dikenal dengan nama ‘QC Field’ yaitu menangani proses produksi yang langsung terjun ke lapangan. Qulity Control di tempat ini memang sudah sesuai dengan SNI,terlihat dari cara pengujian dan pengawasan yang sangat benar-benar di perhatikan. Hal semacam ini dilakukan untuk mencegah maupun mengurangi kontaminasi awal yang akan terjadi bila penanganan QC tidak diperhatikan dan tidak dijalankan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

3.Penanganan Limbah Perusahaan : Penanganan limbah perusahaan ini belum ada pengolahan khusus. Misal untuk limbah yang berupa cair, penanganannya hanya di buang melalui saluran air yang terdapat di perusahaan ini. Saluran air disini mengalir terus menerus ke sungai.Aliran air ini lancar karena tak sedikitpun sampah yang ikut mengalir,jadi memang untuk limbah cai ini benar-benar terpisah dari limbah apapun. Sedangkan penanganan untuk limbah padat,hanya dibuang atau dijual ke agen yang menerima barang-barang bekas seperti, kardus, karton,plastik dll. jadi secara umum perusahaan ini belum mempunyai lahan untuk penanganan limbah secara khusus.

4. HRD dan standard pegawai perusahaan : Para calon pegawai yang melamar kerja harus menemui staf HRD untuk melakukan wawancara dan menyerahkan berkas-berkas yang akan digunakan untuk bekerja. Standar pegawai di tempat ini biasanya sebelum resmi bekerja dilakukan training terlebih dahulu kira-kira 2-3 bulan, hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampun para calon pekerja dalam mengatasi pekerjaannya. Setelah dilakukan training tersebut pegawai baru mengetahui apakah pelamar tersebut diterima atau tidak.   Untuk pendidikan para pegawai, misal untuk manager pendidikan terakhir minimal adalah S1,untuk karyawan lain kebanyakan masih bersekolah di berbagai universitas,ada juga karyawan yang berpendidikan D3, maupun lulusan SMA dan SMK

5. Produk hasil olah dan sasaran pemakai lokal/export/import : produk hasil olah disini yaitu Teri Crunch, yang biasanya sasarannya untuk kalangan semua umur, dari anak-anak sampai dewasa. Untuk produk makaroni sasarannya kebanyakan adalah anak kecil, karena produk ini merupakan makanan ringan yang biasanya digemari oleh anak-anak. Pemakai produk-produk ini hanya lokal saja, karena skala produksi yang belum memungkinkan untuk di export ke luar negeri. Namun walaupun hanya daerah lokal tetapi jumlah permintaan dari konsumen cukup banyak. Selain itu produk ini juga digemari oleh masyarakat luas.

6. System pemasaran produk/jasa : Pemasaran produk-produk ini dipasarkan ke luar kota maupun dalam kota, dengan sistem transportasi milik sendiri, jadi pemasaran ini tidak menyewa jasa agen lain,sehingga pemasarannya tepat pada sasaran yang dituju. Jasa yang dipakai hanya menggunakan beberapa orang karyawan yang sudah ditugaskan untuk mengantar produk yang akan dipasarkan. Pemasaran tidak dilakukan setiap hari karena perusahaan ini tidak setiap hari melakukan proses produksi.

7. Pola kerjasama, anak binaan perusahaan : Pola kerjasama di tempat ini hanya bekerja sama dengan supplier, dan PT.Nutrifood, sejauh ini belum ada kerja sama antara perusahaan dengan pasar swalayan besar. Kerja sama dengan supplier sangat erat hubungannya, karena hampir setiap minggu supplier datang memasok bahan mentah untuk diolah. Supplier ini sangat banyak, dari dalam kota maupun luar kota. Untuk anak  binaan, perusahaan ini juga membina, misal untuk membina anak magang, jadi mungkin anak yang telah dibina dengan baik bisa direkrut untuk langsung bisa bekerja di perusahaan ini. Hasil anak binaan inilah yang nantinya akan menjadi pekerja yang  handal.

8. Kepedulian dengan lingkungan sekitar;Beasiswa, rekruit tenaga kerja,dana sosial : Perusahaan ini juga mengadakan perekrutan tenaga kerja bagi calon karyawan maupun anak magang, namun sebelum itu harus ditraining terlebih dahulu, perekrutan biasanya dilakukan jika aspek-aspek tenaga kerja telah dipenuhi. Untuk program beasiswa di perusahaan ini belum diadakan, karena sejauh ini perusahaan belum mampu untuk menghasilkan anak didik yang berkompeten. Sedangkan untuk dana sosial sejauh ini perusahaan kadang menggunakan dana kas untuk disumbangkan ke tempat-tempat sosial, untuk membantu meringankan beban orang lain. Dana sosial biasanya berasal dari uang kas yang telah dikumpulkan jauh-jauh hari.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 20, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: